Berbagi Ilmu, Inspirasi, Motivasi, dan Opini

Cara Menjaga Rumah Tetap Aman Selama Liburan

Menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga bukanlah masalah besar. Hanya perlu persiapan yang matang serta biaya yang telah dikumpulkan jauh-jauh hari, maka liburan bisa berjalan lancar. Namun, yang menjadi masalah adalah saat pemilik rumah harus meninggalkan rumah dalam keadaan kosong selama masa liburan.

Ya, tidak semua orang berani meninggalkan rumah mereka dalam keadaan kosong. Apalagi jika kondisi tersebut dibiarkan dalam waktu yang lama. Mereka cenderung akan menjadi was-was dan tidak menikmati masa berlibur.

 Sumber gambar: forum.rumah123.com

Bahkan, hal paling frontal yang mungkin terjadi adalah mereka membatalkan rencana liburannya, sekalipun tiket pesawat atau kereta api sudah di tangan, dan tinggal menunggu waktu keberangkatan. 
Meskipun bisa saja tiket tersebut dianggap hangus karena sudah mudahnya pemesanan tiket pesawat dan tiket kereta api secara online, seperti dengan melakukan pembelian di Traveloka. Namun, cara tersebut bukanlah solusi yang tepat. 

Memang harga tiket di situs web ataupun aplikasi Traveloka tergolong murah dibandingkan di website lain. Bahkan proses pemesanan tiket kereta api nya bisa berlangsung dengan sangat mudah. Namun, kamu sebagai pemilik rumah tetap harus menggunakan akal dan pikiran untuk tetap membuat segala rencana kembali berjalan lancar. 

Ya, hal ini seperti itu sangat mungkin terjadi jika pemilik rumah tidak memiliki satpam atau asisten rumah tangga di rumah. Rasa cemas bisa saja hadir sekalipun sedang asik menikmati pemandangan menakjubkan di tempat berlibur. 

Namun, jika pemilik rumah mengetahui cara-cara terbaik untuk membuat rumah tetap dalam kondisi aman, maka kamu tidak perlu lagi khawatir akan keadaan rumah. Proses liburan bisa tetap kamu lanjutkan dengan rasa percaya diri dan bahagia. 

Cara apa saja yang bisa dilakukan? Simak ulasan berikut ini:
  • Biarkan lampu tetap menyala

Meskipun kamu sedang tidak berada di rumah, bukan berarti pencuri bisa masuk dengan leluasa ke rumahmu. Untuk menghindarinya, buatlah suasana layaknya saat kamu berada di dalam rumah. 

Menyalakan lampu teras atau lampu kamar dan ruang tengah bisa mengantisipasi menghindarnya pencuri masuk ke dalam rumah. Dengan begitu mereka akan segan memasuki rumah, sekalipun kamu sedang tidak ada di sana. 
  • Jangan lupa mengunci jendela dan pintu

Ini adalah hal terpenting yang perlu kamu lakukan untuk menghindari masuknya pencuri dengan leluasa. Dengan mengunci pintu dan jendela dengan benar, maka kamu sudah mempersulit terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di rumah yang kamu tinggal. 

Kunci pintu dan jendela dengan kunci yang biasa digunakan. Bahkan, jika memungkinkan, kamu bisa menempatkan kunci ganda seperti memasang teralis atau gembok, yang semakin menyulitkan siapapun masuk ke dalam rumah, kecuali kamu dan anggota keluarga lainnya. 
  • Pasang alarm dan CCTV

Memasang bell rumah adalah hal yang biasa. Namun, benda tersebut tidak bisa menghindari rumah akan pencuri. Untuk itu kamu perlu memasang alarm dan CCTV sebagai bentuk antisipasi dan pengawasan. 

Alarm akan berfungsi saat rumah dalam keadaan siaga. Sedangkan CCTV bisa mereka segala kejadian yang mungkin terjadi di rumah saat kamu berlibur. Dengan berfungsinya kedua alat tersebut, maka pencuri akan mengurungkan niatnya untuk memasuki rumah. 
  • Gunakan brankas

Jika kamu memiliki berbagai benda-benda berharga di rumah, maka simpanlah benda-benda tersebut pada tempat-tempat yang aman, seperti brankas. Meski memiliki harga yang tidak murah, brankas bisa sangat membantu kamu menyimpan berbagai benda berharga seperti perhiasan, dokumen, uang dan sebagainya. 

Tempatkan brankas pada area yang tidak lazim seperti dibalik lemari yang bisa digeser, di dapur, dan lokasi lainnya yang menurut kamu sesuai. Dengan begitu, sekalipun ada orang yang berniat jahat di rumah, kamu tetap bisa mengamankan benda-benda berharga tersebut. 
  • Katakan pada tetangga

Tetangga adalah ‘alarm’ yang paling ampuh untuk mengawasi kondisi rumahmu. Beritahukan tetangga bahwa kamu dan seluruh anggota keluarga akan berlibur dalam waktu yang lama. Minta mereka untuk memperhatikan rumah dan melaporkan kepada RT setempat saat ada kondisi yang tidak mengenakkan terjadi. 

Nah, itulah lima cara yang bisa diterapkan untuk membuat rumah tetap aman sekalipun pemilik rumah sedang tidak ada di rumah dalam jangka waktu yang lama. Dengan menerapkan cara tersebut maka liburan akan terasa lebih tenang dan menyenangkan. 

Proses liburan yang memakan waktu lama karena menggunakan transportasi seperti kereta api pun tentu tidak akan membuatmu khawatir akan apapun yang terjadi di rumah. Selamat berlibur!

Bagikan di Facebook
Bagikan di Twitter
Bagikan di Google+
Tags :

Related : Cara Menjaga Rumah Tetap Aman Selama Liburan