Berbagi Ilmu, Inspirasi, Motivasi, dan Opini

Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

IMANZENIT.com - Masa mudik Lebaran telah tiba. Banyak orang yang tinggal di perkotaan besar segera meninggalkan tempat bekerjanya dan berlibur menuju rumah keluarga di daerah. Di waktu ini pula akan banyak rumah dalam keadaan kosong. Peluang pencuri untuk menjalankan aksinya menjadi lebih besar. Oleh sebab itu, perlu untuk menjaga diri dari kemungkinan rumah disatroni maling.

Sebelum Anda sekeluarga pergi mudik, beberapa tips berikut sebaiknya Anda lakukan demi menjaga keamanan tempat tinggal dan berbagai perabotan di dalamnya seperti dikutip dari laman Mozaic :
  • Simpan barang berharga di tempat yang paling aman. Barang berharga ini lingkupnya banyak. Bisa berupa perhiasan, ijazah, sertifikat tanah, akte kelahiran, sertifikat deposito, dan sebagainya. Paling aman memang dititipkan di deposit box yag banyak disewakan bank. Selain itu, bank juga mengasuransikan barang-barang tersebut. Namun kalau tidak memungkinkan, simpan di tempat paling aman atau dititipkan pada orang kepercayaan.
  • Pastikan kran air dan gas telah mati. Kadang penghuni rumah lupa mematikan kran air. Saat ditinggal mudik lebaran, air membludak setiap hari. Akibatnya, tagihan air membengkak. Begitu pula regulator gas sebaiknya dicabut saat ditinggal pergi lama. Ini untuk berjaga-jaga dari kemungkinan terjadi kebocoran gas yang tidak terduga.
  • Matikan piranti elektronik. Stop kontak yang masih tertempel colokan alat elektronik baiknya dilepaskan. Kejadian korsleting bisa terjadi kapan saja. Semaki sedikit alat elektronik yang teraliri arus listrik, kemungkinan terjadinya peristiwa tersebut bisa dicegah. Nyalakan alat elektronik yang penting saja seperti kulkas atau kuarium. Pastikan pula alat pemutus listrik (MCB) atau sekring berfungsi normal.
  • Nyalakan beberapa lampu untuk mengecoh niat pencuri. Lampu depan atau yang biasa nyala di malam hari dan terlihat dari luar, sebaiknya dinyalakan. Bagusnya memakai lampu yang dilengkapi saklar otomatis yang menyala saat gelap dan mati di waktu siang. Ini salah satu cara mencegah seseorang mencuri di rumah Anda. Rumah yang gelap menandakan penghuninya sedang tidak ada di rumah. Pencuri berpikir sekeluarga sedang mudik Lebaran jika momennya adalah jelang hari raya Idul Fitri.
  • Pasang CCTV. Jika punya uang lebih, pasang peralatan CCTV. Jika saja ada kejadian pencurian di rumah Anda, maka bisa ketahuan siapa pelakunya.
  • Beritahu tetangga yang tidak mudik tentang kepergian Anda. Hindari menyimpan kunci rumah di bawah pot atau keset. Lebih baik beritahu tetangga tentang rencana mudik Anda, dan titipkan kunci padanya. Ini jauh lebih aman. Berikan pula nomor kontak kepada tetangga untuk membantu mempermudah dirinya dalam menjaga rumah Anda.
Mudik saat hari raya sudah menjadi salah satu tradisi yang sudah tak bisa di hilangkan, namun untuk itu Anda harus mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja terjadi pada rumah dan seluruh isinya dari kejahatan saat di tinggalkan mudik. Demikian informasi ini kami informasikan, semoga bisa memberikan manfaat buat Anda khususnya yang akan meninggalkan rumah untuk mudik lebaran tahun ini.

Bagikan di Facebook
Bagikan di Twitter
Bagikan di Google+
Tags :

Related : Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran