Berbagi Ilmu, Inspirasi, Motivasi, dan Opini

Kata Kata Bijak Islami

IMANZENIT.com - Kumpulan Kata-kata Bijak Islami - Seperti yang kita ketahui bersama, agama Islam memiliki dua pedoman hidup yang utama yaitu kitab suci Al Qur'an dan Hadits. Kata-kata Bijak Islami yang tertutur dari Al Qur'an dan Hadits maupun yang terucap langsung dari para sahabat Nabi Muhammad SAW sangat berpengaruh dan mempengaruhi jiwa dan perilaku umat Muslim.

Secara implisit memang kata-kata bijak yang bersumber dari kitab suci dan hadits ini adalah pedoman hidup bagi umat Muslim. Kata-kata bijak itu menuntun dan memberi pelajaran agar umatnya sukses dan bahagia di dunia dan akhirat. Apabila kita bisa memahami dan mengamalkan kata-kata bijak itu niscaya keberhasilan akan diraih.

Berikut akan kami sajikan serangkaian kata-kata bijak Islami untuk Anda sebagai bahan renungan:
Berusahalah hidup mandiri karena orang lain takkan selamanya ada.

Bila ingin mendapat sesuatu, belajarlah dengan memberi, bila ingin kebahagiaan, berikanlah kebahagian itu kepada orang lain.

Hidup itu indah, jikalau kita tahu cara menghargainya.

Berbahagialah orang yang perkataannya dzikir, dan diamnya berfikir serta pandangannya perhatian.

Amal yang paling dicintai oleh Allah SWT adalah yang terus menerus meskipun hanya sedikit.

Kehidupan ini dipenuhi dengan seribu macam kemanisan tetapi untuk mencapainya perlu seribu macam pengorbanan.

Silaturahmi dapat membersihkan amalan, memperbanyak harta, menghindarkan bala`, mempermudah hisab (di hari kiamat) dan menunda ajal tiba.

Janganlah sampai kita terlena dengan jebakan duniawi, sebab sesungguhnya kita hidup di dunia ini tak lain untuk mencari bekal tuk di kehidupan yang sebenarnya nanti.

Jika anda ingin maju memasuki kehidupan dengan harapan yang lebih besar, janganlah kerjakan apapun yang tidak memiliki ukuran besar di masa depan.

Sesungguhnya orang yang sempurna akal adalah yang selalu memperbaiki dirinya, serta selalu siap, beramal, berbekal tuk menghadapi hari kemudian setelah mati.

Janganlah malas dan suka marah, karena keduanya adalah kunci segala keburukan. Barang siapa yang malas, ia tidak akan dapat melaksanakan hak (orang lain), dan barang siapa yang suka marah, maka ia tidak akan sabar mengemban kebenaran.

Bila sore tiba, jangan tunggu waktu hingga pagi, bila pagi tiba, jangan tunggu waktu hingga sore. Manfaatkanlah masa sehatmu sebelum datang masa sakitmu dan manfaatkanlah masa hidupmu sebelum tiba waktu ajalmu.

Jika anda ingin mengetahui masa depan anda, perhatikanlah yang sedang anda kerjaakan sekarang. Apapun yang anda kerjakan dengan sungguh-sungguh hari ini adalah pembentuk keberhasilan anda di masa depan, terutama jika anda bijak memilih yang anda kerjakan hari ini.

Ambillah nasihat baik dari orang yang mengucapkannya meskipun ia tidak mengamalkannya.

Dalam kehidupan, tidak ada yang abadi, karena untuk setiap “selamat datang”, akan selalu diakhiri dengan “selamat tinggal”.

Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar.

Segala sesuatu memiliki makna, demikian juga kita harus memaknai tangga kehidupan kita sendiri.

Tiga sifat manusia yang merusak adalah : kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, serta sifat mengagumi diri sendiri yang berlebihan.

Hidup adalah keyakinan dan perjuangan.

Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati.
Demikianlah sajian kata-kata bijak Islami untuk kesempatan kali ini. Semoga bisa memberi pencerahan kepada Anda dalam melakoni kehidupan di dunia ini. Salam takjim buat semuanya.

Bagikan di Facebook
Bagikan di Twitter
Bagikan di Google+
Tags :

Related : Kata Kata Bijak Islami

Advertisement