Berbagi Ilmu, Inspirasi, Motivasi, dan Opini

Kata Mutiara Cinta Bahasa Sunda

IMANZENIT.com - Kata Mutiara Cinta Bahasa Sunda - Tidak hanya bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, bahasa Sunda pun mengenal kata mutiara cinta. Yap, kata mutiara cinta bahasa Sunda tentu mempunyai rasa tersendiri dibanding bahasa lainnya ketika Anda membacanya. Selain kata-katanya terdengar unik di telinga juga cara membacanya memiliki perbedaan apalagi artinya. Namun tak ada ruginya Anda mengenal bahasa Sunda untuk menambah wawasan pengetahuan.

Yang jelas, bahasa Sunda adalah salah satu bahasa daerah di NKRI yang populer dan banyak digunakan serta disenangi oleh khalayak. Dari mulai rakyat biasa sampai artis, bahkan petinggi negara. Orang luar negeri banyak yang ingin mempelajari bahasa Sunda plus budaya. Bahasa Sunda memang telah menjadi salah satu aset budaya bangsa. Kali ini Iman Zenit akan menampilkan kumpulan kata mutiara cinta bahasa Sunda yang dikutip dari berbagai sumber. Mangga, silakan diaos atau dibaca!

Kumpulan Kata Kata Mutiara Cinta Bahasa Sunda
Istilah barudak ayeuna teu lepas tina kecap jatuh cinta, numana ngandung harti tut wuri hayandani (hitut nyeri hayang deui). Geus puguh jatuh cinta teh nyeri tapi hayang deui hayang deui.
Sakabeh perjalanan nu teu di hareupkeun pasti bakal sae dina palebah tung-tungna kitu oge lamunmah keur alus milikna.
Ulah hayang nyerah tina kagagalan mah, kagagalan oge teu daek nyerah ngegagalkeun aranjeun.
Matak salingkuh ge tandana teu payu da lamun payu mah pasti satia.
Hatiku bukan sangu sesa yang bisa kau remehkan.
Kamu tuh kayak hujan, udah jarang datang, pas datang, perginya cepat banget.
Kanyaah akang moal luntur najan make bayclean.
Cinta akang mah jiga lagu kerispatih tak lekang oleh waktu.
Wanita lebih memilih laki-laki goreng patut dari pada laki-laki goreng milik.
Aku tanpamu bagaikan sangu koneng leungit karetna, amburadul.
Kabagjaan teh sanes mung seueurna harta, kabjaan teh ayana dina hate urang nu teu weleh ngucap sukur naon nu di paparinanna.
Upami ningali kembang kacipta manehna ngalangkang.
Ayana kasusah dina hiji urusan kupedah ayana kagampilan. Ulah di tempo kasusahna tapi tempo mah jalan kaluarna ngarah temu jeung bagjana.
Di ajar sabar teh hese da lamun sabar babari mah moal beut aya manusa anu cicing dina kasangsaraan.

KATA MUTIARA CINTA BAHASA SUNDA DAN ARTINYA
Cinta Kuring kamanehna moal aya batesna = Cintaku padanya tidak ada batasnya
Mending keneh kalengitan duit sarebu dari pada kaleungitan manehna = Lebih baik kehilangan uang seribu dari pada kehilangannya
Mun nya cinta moal kamana = Kalau memang cinta gak bakal kemana
Jodo mah geus aya nu ngatur = Jodoh sudah ada yang ngatur
Mun geus johnamah moal kamana ieuh = Kalau sudah jodohnya gak bakal kemana
Teu sakabeh rasa cinta kudu miboga = Tak selamanya rasa cinta harus memiliki
Mun bogoh ka jalma sawajarna bae, tong ngaleuwihan kadarna = Kalau cinta sama manusia sewajarnya saja, jangan melebihi kadarnya
Mun nya cinta moal nyiksa, mun nya bogoh moal ngabobodo bae = Kalau benar cinta gak bakal nyiksa, kalau benar cinta gak bakal membohongi terus
Teu aya istilah cinta buta, aya ge jalma eta sorangan nu ngabutakeun diri = Gak ada istilah cinta buta, ada juga orang itu sendiri yang membutakan. diri
Ulah mani popohoan teuing mun bogoh, sabab can tangtu nu di pikabogoh ge sarua kitu ka urang = Jangan sampai berlebihan kalau mencintai, sebab yang dicintainyapun belum tentu sama seperti itu sama kita.
Ulah nepika ngajadikeun cinta matak poho kana sagalana, komo nepika poho ka nu maha kawasa, asa ku kabina-bina = Jangan sampai menjadikan cinta membuat lupa pada semuanya, apalagi sampai lupa pada yang maha kuasa.
Mun cinta sawajarna be, ulah mani kabina-bina, komo nepika poho teu di calana mah, asa kaleuleuwihan teuing! = Kalau cinta sewajarnya saja, jangan sampai keterlaluan, apalagi sampai lupa gak pake celana, keterlaulan banget!
Demikian itulah Kata Mutiara Cinta Bahasa Sunda yang bisa disajikan pada kesempatan kali ini. Insya Alloh di lain waktu akan kami perbaharui lagi. Maaf atas kekurangan dalam bertutur, semoga bermanfaat bagi Anda yang memerlukannya.

Dalam update kali ini kami tambahkan beberapa kata mutiara bahasa sunda hasil sendiri, semoga bisa menjadikan pengingat bagi siapapun yang tengah jatuh cinta, atau tengah mencintai seseorang. Kami sarankan bagi anda yang saat ini tengah mencintai seseorang untuk mencintai dengan sewajarnya saja. Jangan sampai melebihi kadarnya, artinya mencintai seseorang jangan sampai melebihi cinta kita pada sang pencipta.

Dan tak lupa kami ucapkan banyak teimakasih bagi para pembaca kata mutiara bahasa sunda ini atas kesediaan untuk berkunjung di blog yang sangat sederhana ini. Kemudian, jika sobat menyukai artikel ini jangan lupa untuk bantu share ke teman, sahabat, atau saudara, saudari kita yang lainnya melalui beberapa media sosial yang ada di bawah artikel ini. Kami ucapkan terimakasih. Baca juga : Kata Mutiara.

Bagikan di Facebook
Bagikan di Twitter
Bagikan di Google+
Tags :

Related : Kata Mutiara Cinta Bahasa Sunda